Administrasi sekolah adalah suatu proses keseluruhan kegiatan yang berupa merencanakan, mengatur (mengurus), melaksanakan dan mengendalikan semua urusan sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran di sekolah. Administrasi sekolah merupakan suatu proses pemanfaatan segala sumber (potensi) yang ada di sekolah baik personil (Kepala Sekolah dan stafnya serta guru-guru dan karyawan sekolah lainnya) maupun material (kurikulum, alat/media) dan fasilitas (sarana dan prasarana) serta dana yang ada di sekolah secara efektif. Penataan administrasi bagi sekolah menjadi begitu penting sebagai sumber data utama manajemen sekolah dalam mengatur proses belajar mengajar dengan tertib sehingga tercapainya tujuan sekolah.
Secara lebih spesifik, administrasi sekolah berfungsi :
- Memberi arah dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah
- Memberikan umpan balik bagi perbaikan proses dan hasil pendidikan di sekolah
- Meningkatkan mutu penyelenggaraan administrasi sekolah
- Menunjang tercapainya tujuan/program sekolah secara efektif dan efisien
1. ADMINISTRASI STANDAR ISI
- Dokumen KTSP (Buku 1, 2, 3)
- Dokumen Penyusunan Kurikulum (termasuk kurikulum mulok)
- SK Tim Pengembang Kurikulum
- Dokumen Penetapan KKM
- Kumpulan acuan/referensi/peraturan
- Program dan laporan pengembangan diri (BK, Ekstrakurikuler)
- Kalender Pendidikan
- Pemetaan SK – KD – Indikator
- Program PT dan KMTT semua mapel
- dll.
2. ADMINISTRASI STANDAR PROSES
- Administrasi Guru (silabus, program tahunan, program semester, rincian minggu/hari efektif, RPP, jadwal mengajar, dokumen penilaian, lembar penilaian sikap, program & pelaksanaan remedial dan pengayaan, analisis penilaian, daya serap, agenda guru, dll.)
- Daftar buku teks, panduan guru, referensi
- Program dan pelaksanaan supervisi, serta tindak lanjut
- Buku kemajuan kelas
- Dll.
- Dokumen hasil tugas-tugas terstruktur
- Dokumen / kumpulan karya siswa:
- Dokumen Prestasi
4. ADMINISTRASI STANDAR PTK
1. File PTK
2. Buku induk pegawai
3. Kumpulan SK pembagian tugas dan uraian tugas
4. Presensi PTK dan rekapitulasinya
5. Notulen rapat-rapat
6. Program dan laporan pelaksanaan pengelolaan perpustakaan
7. Program dan laporan pelaksanaan pengelolaan laboratorium
8. Dokumen Keikutsertaan PTK dalam forum ilmiah
9. Dokumen kewirausahaan
10. Buku Pembinaan dan penanganan kasus
11. Dokumen Program, pelaksanaan, dan hasil PKB
12. Daftar Nominatif pegawai
13. DUPAK
14. SKP / PKP/DP-3
15. Laporan hasil PKG
16. DUK
17. Buku cuti PNS
18. Dokumen penerimaan gaji
19. Daftar tunggu pensiun
20. Data Statistik Kepegawaian
21. Dll
5. ADMINISTRASI STANDAR SARANA DAN PRASARANA
1. Dokumen analisis luas lahan dan bangunan
2. Dokumen analisis kebutuhan sarana prasarana
3. Dokumen master plan/peta sekolah, foto–foto sarana prasarana
4. Dokumen kepemilikan lahan
5. Dokumen IMB/peruntukan bangunan
6. Dokumen kepemilikan daya listrik
7. Dokumen program dan pelaksanaan pemeliharaan sarana dan prasarana
8. Buku teks / BSE/Buku guru/Buku siswa
9. Dokumen administrasi inventaris laboratorium
10. Dokumen administrasi inventaris perpustakaan
11. Buku inventaris sekolah
12. Daftar inventaris tiap ruang (KIR)
13. Administrasi perlengkapan/barang : - Buku penerimaan barang - Buku pengeluaran barang - Buku pemeriksaan perlengkapan/barang - Kartu pemeliharaan barang - Dokumen penghapusan barang - Dokumen usulan pengadaan barang
6. ADMINISTRASI STANDAR PENGELOLAAN
- Dokumen penetapan visi, misi sekolah.
- Dokumen RKJM/RKS, RKT/RKAS, RAPBS.
- Dokumen KTSP, Kalender Pendidikan, Struktur Organisasi, program pengembangan SDM, peraturan akademik.
- Dokumen evaluasi pelaksanaan program dan tindak lanjut
- Dokumen administrasi kesiswaan : (a) dokumen PPDB/MOPD, (b) dokumen Pelaksanaan pengembangan diri/konseling, (c) daftar dan rekapitulasi prestasi siswa, (d) buku induk siswa, (e) Data base sekolah, (f) Buku klaper, (g) Data keadaan siswa, (h) Dokumen rekapitulasi presensi siswa, (i) Buku mutasi siswa, (j) Data statistik kesiswaan, (k) Daftar Nominatif Peserta UN.
- Dokumen pendayagunaan PTK (Pembagian tugas, dokumen sistem penghargaan, pengembangan profesi, mutasi dan promosi)
- Dokumen sarana prasarana (perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, inventarisasi)
- Dokumen hasil supervisi dan tindak lanjut
- Dokumen evaluasi kinerja guru dan karyawan
- Dokumen akreditasi sekolah
- Dokumen pemilihan wakil kepala sekolah
- Sistem Informasi Manajemen Sekolah (SIM)
- Dokumentasi administrasi persuratan/ perkantoran - Buku agenda - Buku ekspedisi - Kartu kendali dan lembar disposisi - Arsip surat masuk dan surat keluar - Kumpulan peraturan
7. ADMINISTRASI STANDAR PEMBIAYAAN
1. Dokumen investasi sarana prasarana
2. Dokumen Program dan realisasi (pengembangan PTK, gaji, kesiswaan, ATK, penggandaan, biaya daya dan jasa, biaya operasional tidak langsung, dll.)
3. Dokumen pedoman pengelolaan sekolah
4. Dokumen penerimaan beasiswa
5. Dokumen pembukuan keuangan: - BKU - Buku kas pembantu - Buku pembantu pajak - Buku laporan keuangan (APBN, APBD, dll.) - Dokumen pemeriksaan atasan langsung
8. ADMINISTRASI STANDAR PENILAIAN
1. Dokumen rancangan dan kriteria penilaian
2. Dokumen pengembangan instrumen penilaian
3. Dokumen penilaian sesuai IPK
4. Dokumen analisis hasil evaluasi/KKM dan daya serap
5. Dokumen hasil remedial dan pengayaan
6. Buku legger nilai
7. Buku Raport/laporan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik
8. Dokumen penilaian sikap dan kepribadian
9. Dokumen pelaporan ulangan, UTS, kenaikan kelas, UAS, UN
10. Dokumen fotokopi SKHUN, ijazah, dan penyerahannya
9. ADMINISTRASI BUDAYA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH
1. SOP
2. Tata Tertib Pendidik, Tenaga Kependidik, Peserta Didik
3. Tata Tertib penggunaan sarana prasarana/fasilitas sekolah
4. Petunjuk, peringatan dan larangan , sangsi berperilaku di sekolah
5. Kode etik sekolah
6. Buku tamu
7. Program dan pelaksanaan 7K
10. ADMINISTRASI PERAN SERTA MASYARAKAT DAN KEMITRAAN SEKOLAH
1. Dokumen keterlibatan warga dan masyarakat dalam pengelolaan sekolah: § notulen rapat, § daftar hadir, § foto-foto kegiatan, dll.
2. Dokumen kemitraan dengan lembaga yang relevan (MoU)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar